Oleh Suci Halimatussadiah 
Ibu Pemerhati Masyarakat


Allah Swt. berfirman,
“Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi.” (QS. An-Nur: 33)

Dalil di atas membuktikan bahwa Islam sangat menjaga perempuan, bahkan perempuan juga mempunyai hak yang sama sebagaimana laki-laki. Islam mengatur bagaimana menjaga perempuan dari segala hal yang menodai kehormatannya dan merendahkan martabatnya. Islam menempatkan perempuan sebagai makhluk yang mulia dan terjaga.

Di sisi lain, dalam Islam laki-laki sebagai suami dan kepala keluarga memiliki peran yang sangat penting. Seorang suami harus bertanggung jawab untuk menjaga, merawat, memelihara, dan menjamin kebutuhan perempuan/istri dan seluruh anggota keluarga lainnya. Namun, sungguh ironis kondisi saat ini, alih-alih sebagai penjaga bagi istri dan anaknya, seorang suami malah tega menyakiti dan menganiaya istrinya.

Seperti yang dilakukan seorang suami berinisial P di Jagakarsa Jakarta. Pelaku dengan tega melakukan tindakan kekerasan terhadap D istrinya sehingga mengalami luka fisik dan psikologis, bahkan harus dilarikan ke rumah sakit. Dengan kejamnya tersangka pun menghabisi keempat anaknya sendiri VA(6), S(4), A(3), dan AS(1). Pelaku melakukan perbuatan kejinya lantaran terbakar api cemburu. (Kompas.com, 29/05/2024)

Maraknya kasus KDRT ini menunjukkan rapuhnya ketahanan keluarga, salah satunya karena fungsi perlindungan yang tidak terwujud. Cara pandang kehidupan sekularisme yang menjauhkan agama dari kehidupan tentu saja memengaruhi sikap dan pandangan setiap individu, termasuk dalam memandang hubungan keluarga.

Selain itu, berbagai kasus yang terjadi juga menunjukkan gagalnya negara dalam melindungi rakyatnya. UU P-KDRT yang sudah disahkan selama 20 tahun nyatanya tidak mampu menekan kasus KDRT di masyarakat. Inilah buah sistem sekuler yang menetapkan undang-undang berdasarkan hasil pemikiran manusia yang lemah dan terbatas sehingga tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang ada.

Islam sebagai agama yang berasal dari Allah Sang Maha Pencipta memandang bahwa keluarga adalah institusi terkecil dan strategis dalam memberikan jaminan keamanan dan benteng perlindungan bagi anggotanya. Firman Allah Swt. dalam Al-Qur’an surat At-Tahrim ayat 6, “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Ayat tersebut mengandung makna bahwa kita diperintahkan untuk menjaga diri dan keluarga dari api neraka, yaitu dengan cara senantiasa membekali keluarga dengan ilmu agama, membimbing keluarga menjadi pribadi yang berakhlak baik dan terpuji (akhlakul karimah), mengajak keluarga selalu taat kepada Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Islam memandang bahwa keluarga berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi anggotanya dan harus memberikan rasa aman, tenang, dan tenteram bagi seluruh anggota keluarga. Semua anggota keluarga memiliki peran, ayah sebagai pencari nafkah, ibu sebagai pengurus rumah tangga (ummun warabbatul bayt), serta anak yang harus hormat dan patuh terhadap kedua orang tuanya.

Islam juga mengharuskan negara menjamin terwujudnya fungsi keluarga melalui berbagai sistem kehidupan yang berasaskan akidah Islam. Undang-undang/peraturan yang dibuat harus sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunah, bukan berdasarkan hasil pemikiran manusia yang sudah pasti lemah dan terbatas.

Dengan perangkat aturan tersebut maka akan terwujud keluarga yang sakinah, mawadah, dan rahmah (samara). Sakinah artinya tenteram, mawadah bermakna kasih sayang yang diwujudkan dengan saling memberi, dan rahmah yang mengandung makna saling menerima kekurangan masing-masing. Oleh karenanya, akan terwujud keluarga yang sejahtera, berkepribadian Islam, dan memiliki ketahanan keluarga yang kuat.

Berdasarkan pemaparan di atas telah sangat jelas bahwa Islam mempunyai aturan yang tetap dan tidak berubah-ubah karena Islam adalah agama yang diturunkan langsung oleh Allah Swt. Dialah Allah yang Maha Mengetahui apa yang dibutuhkan oleh manusia sehingga aturan atau pedoman yang diberikan adalah yang paling tepat dan pasti memberikan kesejahteraan bagi seluruh makhluk-Nya di dunia termasuk manusia.

Wallahualam bissawab. []

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama